Jenis – Jenis Perangkat Komputer


Assalamualaikum Wr.Wb

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan mengenai perangkat – pernagkat computer dengan berbagai jenisnya . perangkat computer sendiri dibagi menjadi tiga yakni perangkat input , perangkat output, dan perangkat penyimpanan . Diharapkan setelah membaca postingan kali ini anda dapat membedakan mana perangkat input mana output dan mana yang penyimpanan . Ok tak usah lama – lama kita langsung saja kepembahasan .

A. Perangkat input

Perangakat Input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukan data dan memberikan perintah pada Komputer agar dapat dijalankan proses selanjutnya . Pada intinya perangkat input ini berguana sebagai perangkat yang difungsikan untuk memasukan data . Misalnya saat kita mengetikan huruf pada computer dengan menggunakan keyboard , computer akan secara otomatis akan menyimpan segala huruf yang kita tekan . Selain itu perangkat input juga digunakan untuk memberikan perintah pada computer , seperti halnya saat kita menggunakan mouse dan mengklik sebuah aplikasi maka computer akan langsung mengeksekusi perintah tersebut dan menjalankan aplikasi yang kita inginkan. Beberapa perangkat Input sebagai berikut :
  • Keyboard ,  berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file
  • Mouse ,berfungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard
  • Touchpad, memiliki fungi yang sama pada mouse namun umumnya touchpad digunakan pada laptop atau netbook.
  • Light Pen, light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor)
  • Joy Stick, alat ini biasa digunakan pada permainan (games) computer
  • Scanner,merupakan sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori computer
  • Bercode, berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik, buku dan lainnya

B.  Perangkat Output

Perangkat output merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna . Jadi setelah kita menginputkan perintah kepada computer dan kemudian dieksekusi oleh nya maka perangkat output ini lah yang berperan sebagai media untuk menampilkan hasil perintah tadi .
  • Monito, berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data berupa tampilan grafis
  • Printer, merupakan perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas
  • Speaker, merupakan  perangkat keras untuk menghasilkan suara
  • Proyektor, merupakan alat digunakan untuk presentasi, yang dihubungkan ke komputer untuk menampilkan apa yang ada pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.
  • Plotter , plotter adalah media cetak seperti printer namun memiliki ukuran yang lebih besar serta kegunaan yang optimal untuk objek gambar.

C. Perangkat Penyimpanan

Perangkat penyimpanan atau Storage Device merupakan perangkat keras computer yang digunakan untuk menyimpan data data yang kita butuhkan untuk disimpan
  • RAM (Random Acces Memory), merupakan media penyimpanan computer yang bersifat sementara dimana data akan disimpan saat aplikasi berjalan . RAM juga menyimpan data yang sering digunakan untuk memepercepat pengambilannya oleh prosesor.
  • Floppy Disk, merupakan media penyimpanan yang  kemampuanya untuk menyimpan hanya informasi sebesar 1.44 MB
  • Hard Disk ,hard disk drive (HDD) adalah media penyimpanan utama pada komputer. Harddisk Menyimpan data secara permanen dan dapat menyimpan data lebih besar dari floppy disk .

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan .  Apabila ada kesalahan dan kekurangan silahkan dibenarkan atau ditambahkan pada kolom komentar .


Wassalamualaikum Wr. Wb
Share this article please, on :
Share on fb Tweet Share on G+

0 Response to "Jenis – Jenis Perangkat Komputer"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Spesial Tutorial - Tutorial khusus tentang Internet dan Komputer.
Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas. Da semoga artikel-artikel Spesial Tutorial - Tutorial khusus tentang Internet dan Komputer ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Silahkan kunjungi artikel-artikel menarik lainnya di Spesial Tutorial - Tutorial khusus tentang Internet dan Komputer, melalui laman Sitemap.
Terimakasih.