Mengenal Jaringan Komputer, Pengertian, Jenis –Jenis,dan Manfaatnya

Assalamualaiku Wr .Wb
Pada Kesempatan kali ini , saya akan mengenalkan kepada kalian apa itu jaringan computer , jenis – jenisnya dan manfaat dari adanya sebuah jaringan computer . Ok langsung saja ..


Apa itu Jaringan Komputer ???

Jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi  data satu dengan lainnya .

Lalu apa manfaat adanya Jaringan Komputer ???

Manfaat dari jaringan komputer adalah sebagai berikut :
  1. Dapat saling berbagi sumber daya peralatan secara bersama seperti harddisk , modem , printer dan lain sebagainya .
  2. Dapat saling berbagi penggunaan file
  3. Aplikasi dapat digunakan secara bersama – sama
  4. Dapat saling berkomunikasi dalam sebuah lingkup jaringan
  5. Mudah dalam back up data

Selain itu ada pula kerugian dalam sebuah jaringan komputer
  1. Biaya yang mahal dalam implementasiannya
  2. Sering terjangkit virus dalam pengiriman data
  3. Jaringan mudah terkena hacking
  4. Mudah bocornya informasi saat pengiriman data

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

Local Area Network (LAN)
Local Area Network adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil  ; seperti jaringan komputer kampus , gedung , kantor , dalam rumah , sekolah atau lebih kecil . Saat ini kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch yang mempunyai kecepatan transfer data 10 ,100 , atau 1000 Mbit/s . Selain  teknologi Ethernet , saat ini teknologi 802.11b (atau bias disebut Wifi) juga sering digunakan untuk membentuk lan . Tempat – tempat yang menyediakan koneksi lan dengan teknologi wifi biasa disebut hotspot.

Metropolitan Area Network
Metropolitan Area Network adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus , perkantoran , pemerintahan , dan sebagainnya . Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN . Jangkauan dari MAN ini antara 10 hingga 15 KM .

Wide Area Network
WAN merupakan jaringan komputer  yang mencakup jaringan komputer antar wilayah, kota , bahkan negara atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan sluran komunikasi public .

Internet

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia , yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara lain keseluruh dunia , dimana   didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. 

Ok Sekian yang dapat saya sampaikan , Semoga bermanfaat .. 
Wassalamualaikum Wr .Wb
Share this article please, on :
Share on fb Tweet Share on G+

0 Response to "Mengenal Jaringan Komputer, Pengertian, Jenis –Jenis,dan Manfaatnya"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Spesial Tutorial - Tutorial khusus tentang Internet dan Komputer.
Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas. Da semoga artikel-artikel Spesial Tutorial - Tutorial khusus tentang Internet dan Komputer ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Silahkan kunjungi artikel-artikel menarik lainnya di Spesial Tutorial - Tutorial khusus tentang Internet dan Komputer, melalui laman Sitemap.
Terimakasih.